Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

 

BAGUS WIDIANTO

2020116026

“NICE HOME WORK”

 

1. Apakah sampai hari ini Anda tetap memilih bidang pekerjaan yang saat ini dilakukan?

Ataukah setelah merenung beberapa waktu, kemudian ingin mengubah bidang

pekerjaan/ karir/ profesi yang akan dikuasai?

-          Ya, sampai sekarang saya tetap menjalani bidang pekerjaan yang saya jalani sekarang (FNB). Tetapi setelah saya merenung beberapa waktu saya ingin merubah bidang menjadi back office seperti bagian finance sebuah company. Karena ketika seseorang telah bekerja di bidang back office akan lebih termanange juga waktunya seperti waktu kerjanya, waktu breaknya, dan waktu liburnya agar lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga.

2. Apakah sudah memahami apa tujuan Tuhan menciptakan kita ke muka bumi? Kemudian

susunlah Visi hidup (life purpose), bidang ilmu/ pekerjaan yang diminati, dan peran yang

ingin dikuasai?

-          Memahami tetapi belum sepenuhnya, karena jujur diri saya masih suka berubah ubah soal pola fikir saya setiap tahunnya.

-          Visi saya pribadi dalam hidup adalah "Menjadi manusia yang tangguh, berbakat atau ahli pada satu bidang tertentu, mensejahterakan keluarga, berkarya untuk kemajuan peradaban, dan mati dalam keadaan beriman serta bertaqwa pada Tuhan"

-          Pekerjaan yang saya minati adalah menjadi finance di sebuah perusahaan terutama hotel

-          Peran yang ingin saya kuasai yaitu multitasking bisa menjadi seorang ayah ketika saya sudah berkeluarga nanti dan menjadi karyawan terbaik di sebuah perusahaan.

3. Ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut?

       - Membuat skala prioritas

Membuat skala prioritas dalam bekerja, membantu terlaksananya misi dengan baik. Dengan adanya skala prioritas dapat dipetakan dengan mudah apa yang harus dikerja lebih awal dan apa yang bisa ditunda atau dibelakangkan. Dapat dibedakan antara amalan wajib dan amalan sunah, mana yang utama dan yang paling utama (afdal). Dapat dibedakan yang mana kebutuhan daruriyat, hajiyat dan tahsinat.

        - Memiliki Semangat jihad dalam beramal

Pesan keempat yang disampaikan Rasulullah SAW kepada Muaz adalah jihad. Rasulullah SAW menyerupakan agama ini dengan unta dan menyerupakan jihad laksana zurwatut tsanam (punuk unta) yang posisinya paling di atas pada tubuhnya menggambarkan tingginya kedudukan jihad dalam Islam. Rasulullah SAW memberi perumpamaan hal yang logis dengan sesuatu yang dapat diindra agar mudah memahaminya.

         - Menjaga Amal Lisan

Dalam pembahasan sebelumnya disebutkan bahwa satu dari tiga jenis amal adalah amal lisan. Pesan kelima yang disampaikan Rasulullah SAW kepada Muaz bin Jabal adalah bagaimana menjaga lisan agar selalu bertutur kata yang baik dan berucap dengan ucapan yang benar. Penyebutkan di bagian akhir hadis setelah sebelumnya berbicara tentang iman dan keiklhasan, ibadah wajib dan sunah, serta jihad menunjukkan bahwa menjaga lisan sangat penting diperhatikan dalam menjalankan misi hidup di dunia. Karena boleh jadi ibadah salat wajib dan sunah serta jihad yang telah dilaksanakan agar berakhir sia-sia disebabkan oleh keteledoran lisan menjaga ucapan dan perkataannya.

 

4.Tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan dalam menjalankan misi hidup

Anda!

 Saya menetapkan KM 0 saya pada usia sekarang, yaitu 22 tahun 4 bulan. Untuk jam dedikasi, saya tidak menargetkan harus berapa jam seharinya karena saya bekerja di ranah publik yang tidak berhubungan dengan ilmu untuk menjalankan misi hidup saya sehingga waktu saya sebagian besar berada di ranah publik. Saya akan menuliskan KM 0 hingga KM 4 saja. Lagi pula, ilmu parenting adalah ilmu yang bersifat berkelanjutan, memiliki continuous improvement yang tinggi dan tidak akan pernah berhenti sampai anak-anak saya besar nanti.




Komentar